Berbagai Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

Olehkita.com. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman nilam, dimana tanaman ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman nilam atau disebut juga dengan nama latin Pogostemon cablin Benth. Termasuk famili dari Lamiaceae dan ordo dari lamiales. 

Secara umummanfaat tanaman nilam yaitu sebagai penghasil minyak serupa minyak atsiri (minyak nilam). Baca juga :Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.)

Sementara itu, khasiat dari tanaman nilam akan lebih bertambah jika pengolahanya dipadukan dengan obat-obat herbal lainya. Untuk mengetaui apa saja manfaat dari tanaman nilam, maka berikut ini olehkita.com sajikan untuk Anda macam-macam manfaat tanaman nilam bagi kesehatan tubuh :

Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan
Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

1. Obat sakit kepala

Tahukah Anda bahwa tanaman nilam memilki manfaat untuk meredakan dan mengobati sakit kepala. Pada daun tanaman nilam terkandung senyawa yang mampu meredakan sakit kepala, hingga migrain. Caranya yaitu rebus daun nilam sampai mendidih, kemudian minum air rebusan tadi selagi masih hangat.

2. Obat bisul

Bagi Anda yang menderita akabiat penyakit bisul, maka taka ada salahnya apabila Anda mencoba mengonsumis air rebusan daun nilam. Selain tiu, Anda juga dapat menumbuk daun nilam yang telah direbus, kemudian dibalurkan pada area yang sakit dan diamkan hingga kering. Dimana kandungan dari daun nilam ini mempu untuk merdakan dan mengobati penyakit bisul yang menyerang kulit.

3. Mencegah bau badan

Manfaat daun nilam sebagai parfum ini merupakan hal yang sudah tidak menjadi rahasia lagi.Bau badan merupakan salah satu masalah yang dialami pada diri seseorang, sehingga membuatnya merasa kurang percaya diri.

Hal seperti ini, dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air rebusan daun nilam dan mandi dengan air rebusan daun nilam.

Kandungan minyak nilam yang terdapat pada air rebusan daun nilam dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan. Selain itu, bau harumnya dapat menghindarkan Anda dari bau badan yang menggangu rasa percaya diri Anda.

4. Efektif untuk rematik

Rematik merupakan penyakit yang sebagian besar terjadi pada orang tua. Akan tetapi tidak hanya orang tua saja, anak muda maupun masih anak-anak juga dapat terserang penyakit ini.

Bagi Anda yang mendarita penyakit rematik, maka Anda dapat meredakanya dengan menggunakan akar tanaman nilam. Caranya yaitu akar tanaman nilam diremas-remas kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. Kemudian diamkan hingga mengering, lalu Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat. Lakukan secara terus menerus.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Oleh karena itu, maka kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal agar tetap sehat, sehingga berfungsi secara normal.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu dengan cara mengonsumsi daun Nilam yang sudah direbus. Dimana kandungan dalam daun nilam ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginja Anda.

6. Mengatasi penyakit disentri

Daun nilam memiliki manfaat untuk mengobati penyakit desentri. Dimana desentri  merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala diare, mual, muntah, demam, hingga keram pada perut. Selain untuk pengobatan desentri, daun tanaman ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit ini.

7. Mencegah infeksi

Infeksi merupakan sebuah keadaan di mana kondisi luka menjadi lebih parah dan semakin membesar dan memburuk. Untuk mencegah terjadinya infeksi karena luka pada tubuh, Anda dapat memanfaatkan daun nilam yang sudah diekstrak menjadi minyak atsiri.

Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak atsiri di daerah yang terluka atau terinfeksi dan diamkan selama beberapa menis, lalu kemudian basuh menggunakan air bersih.

8. Untuk menghilangkan jerawat

Manafaat daun nilam untuk kecantikan salah satunya yaitu meredakan jerawat pada wajah. Dimana jerawat merupakan suatu hal yang sangat menganggu penampilan kita, sehingga terkadang membuat kita kurang percaya diri.

Bagi Anda yang mempunyai jerawat, maka dapat memanfaatkan daun nilam untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda agar telihat bersih kembali. Caranya yaitu membuat masker dari daun nilam. Akan tetapi perlu diketahui cara ini tidak dapat dilakukan hanya dengan sekali pakai, oleh karena itu ulangi secara teratur, agar hasilnya dapat dirasakan.

9. Menurunkan demam dengan cepat

Demam merupakan salah satu gejala awal dari penyakit lainnya atau biasa timbul sebagai gejala awal karena tubuh kelelahan.

Gejala demam pada tubuh ini dapat diredakan menggunakan daun nilam. Caranya, yaitu rebus beberapa lembar daun nilam kemudian minum airnya. Hal Ini merupakan salah satu cara tradisional untuk mengatasi demam pada tubuh.

10. Sebagai Antioksidan (Menjaga daya tahan tubuh)

Selain sebagai pengobatan dan kecantiakan, tanaman nilam juga bermanfaat sebagai antioksidan tubuh. Dimana kandungan senyawa yang ada pada tumbuhan ini terutama pada daunnya memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Caranya yaitu mengonsumsi air rebusan daun nilam secara teratur, maka akan membuat tubuh Anda menjadi fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Berbagai Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang sedang sakit atau mungkin memiliki saudara sakit, maka saya rekomendasikan untuk melakukan pengobatan alternatif dan spiritual di Griya sehat Bapak Wahyu di Ds. Jurang gunting, rt 2 / rw 5, Kel. Ledok, Kec. Argomulya, Salatiga. (No telfon / WA : 085640372744).

Bagi Anda yang sedang sakit jangan pernah menyerah untuk berobat, karena Tuhan akan menghargai usaha yang Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Demikian artikel tentang Manfaat dari tanaman nilam bagi kesehatan tubuh Anda. Terima kasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *