Berbagai Obat Gatal (Kudis) dari Bahan Alami

Berbagai Obat Gatal (Kudis) dari Bahan Alami

Olehkita.com. Umumnya sebagian besar dari manusia pasti pernah merasakan gatal-gatal pada kulit. (Wikipedia) Gatal adalah suatu sensasi yang menimbulkan keinginan atau reflek menggaruk.

Gatal merupakan hal wajar yang dialami oleh seseorang, sehingga tak jarang jika terasa sulit menahan diri untuk tidak menggaruknya.

Hal yang wajar ini menjadi terasa lain lagi jika gatalnya karena penyakit terkena kudis (eksim). Gatal yang disebabkan kudis adalah munculnya rasa gatal pada bagian kulit, dan akan semakin terasa saat malam hari.

Gatal (kudis) ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada permukaan kulit atau lepuhan kecil disertai sisik.

Berbagai Obat Gatal (Kudis) dari Bahan Alami
Berbagai Obat Gatal (Kudis) dari Bahan Alami

Hal tersebut disebabkan karena adanya tangu yang hidup dan berkembang biak pada kulit, sehingga menyebabkan sensasi gatal luar biasa.

Tangau yang menyebabkan penyakit kudis pada manusia adalah tangu Sarcoptes scabiei. Jika tidak dilakukan tindakan pengobatan yang tepat, maka penyakit ini akan mudah menular pada orang lain. Penularan penyakit gatal (kudis) bisa terjadi secara langsung kontak ataupun tidak.

Oleh karena itu, bagi penderita penyakit gatal (kudis) maka sebaiknya segera periksakan ke dokter atau membeli obat di apotik. Akan tetapi, jika Anda malas pergi ke dokter ataupun ke apotik, maka Anda bisa membuat obat sendiri di rumah.

Obat gatal (kudis/ eksim) dapat dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang  mudah untuk didapatkan.

Pada kesempatan kali ini Acafeny.com. ingin berbagi informasi tentang cara mengobati penyakit gatal (kudis) dengan bahan-bahan alami.

Berikut ini adalah beberapa bahan obat alami dan cara pembuatanya guna mengatasi penyakit gatal (kudis).

Berbagai Obat Gatal (Kudis) dari Bahan Alami

1. Resep pertama (Lidah buaya)

Bahan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit kudis yaitu tanaman lidah buaya.

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri dan bersifat kuratif, sehingga efektif untuk mengatasi kulit yang gatal terkena kudis.

Selain itu, tanaman lidah buaya mampu untuk meregenerasi sel-sel kulit yang mati, sehingga kulit akan tampak cerah dan sehat.

Cara mengobati gatal (kudis/ eksim) menggunakan lidah buaya dengan membersihkan tubuh yang terkena kudis terlebih dahulu.

Kemudian oleskan gel lidah buaya hingga merata pada bagian yang terinfeksi kudis. Diamkan kisaran 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Cara ini dapat dilakukan dua kali sehari, hingga penyakit eksim (kudis) pada kulit hilang.

2. Resep ke-dua (daun sirih)

Bahan yang digunakan adalah daun sirih sebanyak 25 lembar. Cara pembuatanya yaitu iris kasar daun sirih dan remas dengan sedikit air, lalu kompreskan pada bagian yang sakit. Setiap hari kompresan diganti dengan daun sirih yang baru.

3. Resep ke-tiga ( daun sambang darah dan daun simbukan)

Bahan bisa menggunakan daun sambang darah ataupun daun simbukan. Pilih salah satu bahan, kemudian cara pembuatanya sama dengan resep kedua (daun sirih).

4. Resep ke-empat (daun mimba)

Bahan yang digunakan adalah daun mimba sebanyak 25 lembar dan seujung sendok teh kapur sirih.

Cara membuat obat gatal dari daun mimba dapat dilakukan dengan meremas-remas daun mimba dan dicampur kapur sirih sampai lumat. Ramuan daun mimba ini ditempelkan pada bagian yang sakit sehari dua kali.

5. Resep ke-lima ( umbi lempuyang wangi)

Bahan yang digunakan adalah umbi lempuyang wangi sebanyak satu ruas jari. Sedangkan cara pembuatanya, yaitu dengan memarut bahan kemudian dicampur dengan ½ gelas air matang. Diamkan ramuan sampai mengendap, dan minum sehari sekali tanpa ampasnya.

Berikut ini adalah beberapa kandungan kimia dari bahan-bahan yang digunakan tersebut :

a. Lidah buaya ( Aloe vera)

Beberapa kandungan kimia tanaman ini meliputi emodin, alonin, gum dan unsur lain seperti minyak atsiri.

b. Sirih (Piper betle)

Tanaman Sirih memiliki kandungan kimia, seperti halnya cineole, eugenol, p-cymene, caryofelen, terpenena, kavicol, tanin, kavibetol, allylprokatekol, dan fenil propada.

c. Simbukan (Paederia scandends)

Tanaman ini memiliki kandungan kimia berupa paederosidic, paederoside, gamma sitosterol, Asperuloside, scandoside, arbutin, aleanolic, dan deacetylasperuloside.

d. Sambang darah (Hemigraphis alternate)

Tanaman sambang darah memiliki beberapa kandungan kimia, diantaranya tanin galat, flavonoid, dan steroid/ triterpenoid.

e. Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum)

Kandungan kimia utama dari tanaman lempuyang yaitu limonen dan senyawa zerumbon.

f. Mimba (Azadirachta indica A. Juss.)

Daun mimba memiliki kandungan kimia meliputi nimbandion, disetil vilasinin, salanol azadirachtin, dan 3-desasetil salanin.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, berbagai obat gatal (kudis) dari bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *