Cara Mengatasi Hama Cabang Coklat dan Hitam Pada Tanaman Kopi

Cara Mengatasi Hama Cabang Coklat dan Hitam Tanaman Kopi

Olehkita.com. Salah satu hama utama yang sangat merugikan dalam budidaya tanaman kopi, yaitu hama penggerek cabang coklat dan hitam tanaman kopi ( Xyleborus morigerus dan X. Compactus ).

Hama penggerek cabang ini merupakan hama yang memiliki potensi biotik (daya reproduksi, daya makan atau rusak, dan daya adaptasi yang tinggi.

Hama tanaman kopi ini berupa kumbang berukuran kecil dan sering menggerek cabang dan rantinng tanaman kopi. Kumbang penggerek cabang ini hidup di dalam liang gerakan, dan serangan hama ini akan semakin diperparah dengan adanya serangga Diplodia dan Fussarium dalam cabang gerekan.

Dimana cendawan tersebut akan menyumbat pembuluh pada bagia cabang maupun ranting, sehingga dapat mengakibatkan tanaman menjadi mati.

Hama penggerek cabang tanaman kopi ini selalu mengakibatakan kehilangan hasil panen yang relatif tinggi di sepanjang tahunya.

Oleh karena itu, maka perlu adanya pengendalian yang tepat guna mengurangi kehilangan hasil karena serangan hama penggerek cabang coklat dan hitam pada tanaman kopi yang dibudidayakan.

Hama Cabang Coklat dan Hitam Pada Tanaman Kopi
Hama Cabang Coklat dan Hitam Tanaman Kopi

Cara mengatasi hama cabang coklat dan hitam dapat dikendalikan dengan dua cara, yaitu secara mekanis dan juga biologis.

Cara Mengatasi Hama Cabang Coklat dan Hitam Tanaman Kopi

Pengendalian secara mekanis dapat dilakukan dengan cara memangkas bagian yang terserang hama tersebut, lalu kemudian memusnahkanya dengan cara membakarnya.

Selain itu, pengendalian secara mekanis dapat dilakukan dengan cara melakukan pemangkasan naungan, dan yang paling utama disaat musim hujan. Tujuan dari pemangkasan tersebut, yaitu untuk menekan pertumbuhan cendawan.

Sedangkan pengendalian Biologis dapat dilakukan dengan menggunakan musuh alami berupa parasit Tetratichus xylebororum. Dengan pengendalian ini, maka diharapkan penggunaan insektisida dapat ditekan serendah mungkin.

Baca juga :

Demikian artikel tentang cara mengatasi cabang coklat dan hitam tanaman kopi. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *