Cara Pengendalian Penyakit Jamur Upas Pada Tanaman Kopi

Cara Pengendalian Penyakit Jamur Upas Pada Tanaman Kopi

Olehkita.com. Jamur upas pada tanaman kopi merupakan penyakit yang disebabkan oleh Corticium salmonicolor. Dimana penyakit jamur upas ini adalah salah satu penyakit yang sering menyerang budidaya tanaman kopi.

Klasifikasi Jamur Upas (Corticium salmonicolor)

KingdomFungi
PhylumBasidiomycota
ClassBasidiomycetes
SubclassAgaricomycetidae
OrderPolyporales
FamilyCorteceae
GenusCortecium
SpeciesC. salmonicolor

Penyebaran jamur ini melalui tiupan angin atau percikan air. Dimana jamur ini akan mudah berkembang pada keadaan tempat yang lembab dan kurang cahaya matahari.

Patogen ini menyerang pada bagian bawah cabang dan ranting pertanaman kopi. Ciri gejala awal serangan jamur upas ditandai dengan adanya miselium tipis seperti benang-benang pada bagian bawah tanaman yang terserang.

Kemudian miselium tersebut akan membentuk bintil dan berubah warna menjadi agak merah. Pada tingkat serangan lanjut akan membuat bagian tanaman yang terserang akan mengering, daun menjadi layu dan menggantung.

Gambar Jamur Upas pada Tanaman Kopi
Gambar Jamur Upas pada Tanaman Kopi

Cara Pengendalian Penyakit Jamur Upas Pada Tanaman Kopi

Cara pengendalian penyakit jamur upas pada tanaman ini dapat dilakukan dengan cara memangkas naungan secara teratur. Tujuanya agar kelembapan diarea pertanaman kopi berkurang, sehingga akan mengurangi laju perkembangan jamur upas.

Selain itu, apabila yang terserang cabang yang ukuranya masih kecil, maka potong pada bagian bawah pangkal yang sakit kemudian dikumpulkan dan dimusanahkan dengan cara dibakar.

Apabila serangan penyakit jamur upas masih tahap awal, maka dapat dikendalikan dengan mengolesi fungisida calixin RM.

Sementara pada tingkat serangan yang sudah lanjut, maka pada bagian cabang atau batang yang sakit dipotong. Kemudian sisa batang atau cabang yang dipotong dan sekitarnya diolesi menggunakan fungisida calixin RM atau Copper Sandoz.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai cara pengendalian penyakit jamur upas pada tanaman kopi. Terima kasih telah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *