Contoh Tumbuhan dikotil dan Jenis-jenisnya

Contoh Tumbuhan dikotil dan Jenis-jenisnya

Olehkita.com. Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berbiji tunggal (monokotil) dan tumbuhan berbiji dua (dikotil).

Pada dasarnya tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji terbelah, sedangkan tumbuhan monokotil memiliki biji tunggal.

Pada kesempatan kali ini Olehkita.com ingin berbagi informasi terkait contoh tumbuhan dikotil dan jenis-jenis dari tumbuhan dikotil.

Tumbuhan dikotil
Tumbuhan dikotil

Contoh Tumbuhan dikotil dan Jenis-jenisnya

Contoh Tumbuhan Dikotil

10 contoh tumbuhan dikotil beserta nama latinya :

  • ficus elastica (karet)
  • Monihot utilisima (ketela pohon),
  • Arachis hypogaea (kacang tanah)
  • Durio zibberthinus (durian)
  • Mimosa pudica (putri malu)
  • Plameria acuminata (kamboja)
  • Ipomea reptans (kangkung)
  • Capsicum annum (cabai)
  • Solanum lycopersicum (tomat).
  • Jeruk (Citrus)
Jenis-jenis Tumbuhan Dikotil

Jenis-jenis tumbuhan dikotil tergolong sangat banyak dan tersebar dihampir seluruh jenis tumbuhan. Secara umum mungkin Anda pun akan lebih sering menjumpai tumbuhan berkeping dua dibandikan dengan tumbuhan berkeping satu.

Terdapat sekitar 200 ribu tumbuhan yang termasuk ke dalam kategori tumbuhan dikotil. Berikut ini adalah beberapa jenis dari tumbuhan dikotil yang sering dijumpai :

1. Papilionaceace (Kacang-Kacangan)

Ciri yang menonjol dari jenis tumbuhan dikotil famili dari Papilinaceace yaitu mahkota bunga berbentuk seperti kupu-kupu, terdapat banyak bintil, dan buah berpolong. Contoh tumbuhan dikotil jenis ini yaitu : Phaseolus radiatus (kacang hijau) dan Vigna.

2. Solanaceae (Terong-Terongan)

Beberapa ciri-ciri dari tumbuhan dikotil terong-terongan yaitu mempunyai bunga yang bentuknya menyerupai bintang atau terompet. Selain itu,  berbuah dengan lapisan dalam yang berdaging ataupun berair. Contohnya seperti Capsicum annum (cabai), Solanum lycopersicum (tomat).

3. Euphorbiaceae (Getah-Getahan)

Jenis tumbuhan dikotil Euphorbiaceae mempunyai getah berwarna putih yang dapat dilihat dengan cara dilukai (disayat). Contoh tumbuhan dikotil jenis ini yaitu Havea Brasiliensis (karet)Monihot utilisima (ketela pohon),

4. Malvaceae atau Kapas-Kapasan

Ciri tumbuhan dikotil kapas-kapasan yaitu pohonya mempunyai bunga yang besar dengan bentuk menyerupai corong dan kelopak bunganya menyatu. Salah satu contoh tumbuhan dikotil jenis ini adalah Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu).

5. Piperaceae

Tumbuhan dikotil jenis Piperaceae merupakan tanaman berbentuk perdu, akan tetapi ada juga beberapa tanaman yang merambat dengan akarnya yang lekat.

6. Casuarinaceae (Cemara-Cemaraan)

Ciri khas dari tumbuhan dikotil cemara-cemaraan yaitu memiliki bentuk ranting beruas dengan dahan yang besar menyerupai jarum. Selain itu, memiliki buah berbentuk menyerupai runjungan kecil.

7. Capparaceae

Capparaceae merupakan tumbuhan dikotil yang masuk kategori bunga-bungaan. Memiliki ciri daun tunggal atau majemuk dan menjari dengan ukuran yang kecil. Ciri buah pada tumbuhan ini berbentuk menyerupai kapsul dan memanjang.

Baca juga : Gymnospermae: Pengertian, Ciri-ciri, Habitat, Klasifikasi, Reproduksi, Contoh (Lengkap)

Demikian artikel tentang, contoh tumbuhan dikotil dan jenis-jenis tumbuhan dikotil. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *