Klasifikasi dan Morfologi Bunga Melati ( Lengkap )

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Melati ( Lengkap )

Olehkita.com. Tanaman melati merupakan sekumpulan tanaman perdu yang dikelompokkan dalam gebus Jasminum. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang banyak disukai oleh orang karena bentuknya yang indah  dan berbau harum.

Tanaman yang hidup menahun ini dapat dimanfaatkan sebagai parfum, kosmetik, bahan farmasi dan penghias tanaman.

Sementara itu, habitat bunga melati berbeda-beda tergantung dari spesiesnya, akan tetapi pada umum melati menyukai habitat dengan iklim tropis pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.600 meter dpl.

Bagi Anda yang ingin mengetahui ciri-iri bunga melati, maka Sedulurtani.com. telah menyajikan klasifikasi dan morfologi dari tanaman melati. Berikut ini adalah kalsifiakasi dan morfologi dari tanaman bunga melati :

Gambar Bunga Melati
Gambar Bunga Melati

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Melati ( Lengkap )

Klasifikasi Bunga Melati 

KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoAsteranae
OrdoLamiales
FamiliOleaceae
GenusJasminum L.
SpesiesJasminum sambac (L.) Aiton

Morfologi Bunga Melati

1. Akar

Tanaman melati memiliki sistem perakaran tunggang dan bercabang. Cabang yang terdapat pada akar bunga melati dapat menyebar ke segala arah hingga kedalaman 40-80 cm dari akar yang berada di permukaan tanah.

Akar bunga melati bersifat cukup kuat dan diperkirakan mampu menopang tanaman hingga ketinggian mencapai 5 meter. Akar bunga melati dapat memunculkan tunas atau bakal tanaman yang baru.

2. Batang

Batang tanaman melati merupakan batang berkayu, berbentuk bulat hingga segi empat, berwarna coklat, dan bercabang banyak.

Batang ini termasuk jenis batang semak-semak dengan tinggi kurang dari 5m. Batang memliki bulu halus dan jarang. Selain itu, batang bunga ini tergolong lentur dan mudah patah.

3. Daun

Daun bunga melati berentuk bulat oval dan bertangkai pendek. Daun tanaman ini memliki panjang sekitar 2,5 – 10 cm sedangkan lebarnya berkisar 1,5 – 6 cm tergantung dari jenisnya.

Pada bagian ujung daun meruncing dan pangkalnya membulat. Selain itu, pada bagian tepi daun ada yang rata dan ada juga yang tidak rata serta bergelombang. Daun melati memliki petulangan daun yang menyirip dan menonjol pada bagian permukaan bawah.

Daun berwarna hijau dan pada bagian permukaannya mengkilap, serta letak daun melati saling berhadapan pada setiap buku.

4. Bunga

Bunga melati merupakan bunga majemuk dengan susunan bunga menyirip secara berhadapan. Bunga tanaman melati memiliki bentuk menyerupai terompet, dengan warna yang beragam tergantung dari jenis spesiesnya.

Bunga melati memiliki susunan mahkota yang berbeda, ada yang tunggal dan ada juga yang ganda, serta memiliki aroma yang harum. Akan tetapi ada juga bebrapa jenis bunga melati yang tidak memliki aroma harum. Selain itu, secara umum bunga ini tumbuh dibagian ujung tanaman.

Baca juga :

Demikian artikel tentang klasifikasi dan morfologi tanaman melati. Terima kasih telah berkunjung di website olehkita.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *