Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Akasia Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Akasia Lengkap

Olehkita.com. Tanaman Akasia atau disebut dengan nama latin Acacia auriculiformis A. Cunn. Ex Benth. merupakan pohon semak dari famili Fabeceae dan ordo Fabales. Tanaman akasia berasal dari Australia, kemudian menyebar ke daerah tropis dan sedang, meliputi Asia Selatan, Eropa, dan Amerika.

Tanaman ini mampu bertahan hidup dalam kondisi lingkungan dan cuaca apapun. Akan tetapi tanaman akasia juga memerlukan perawatan khusus jika ditanam sebagai tanaman kebun.

Tanaman akasia sering dikenal sebagi tanaman duri karena pada bagian batangnya terdapat duri yang cukup banyak.

Klasififikasi dan Morfologi Tanaman Akasia Secara Lengkap
Klasififikasi dan Morfologi Tanaman Akasia Secara Lengkap

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman akasai, berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman akasia :

Klasifikasi Tanaman Akasai

KingdomPlantae
Sub KingdomTracheobionta
Super DivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
Sub KelasRosidae
OrdoFabeles
FamiliFabaceae
SpesiesAcacia auriculiformis A. Cunn. Ex Benth.

Morfologi Tanaman Akasia

1. Akar

Sistem perakaran tanaman akasia, yaitu akar tunggang dengan warna putih kotor hingga kecoklatan. Panjang akar tanaman ini berkisar 5-10 meter bahkan lebih, dan dapat menembus tanah hingga kedalaman 3-5 meter.

2. Batang

Batang tanaman akasia berbentuk bulat memanjang dengan diamater 10-20 cm bahkan lebih, permukaan kasar, dan pada spesiaes tertentu terdapat duri tajam.

Tinggi batang tanaman ii dapat mencapai 15-20 m, tumbuh dengan tegak, berkayu keras, dan beralur longitudinal. Batang tanaman ini memiliki warna kecoklatan, abu – abu hingga keputihan kotor.

3. Daun

Daun akasia merupakan daun majemuk dengan anak daun yang cukup banyak dan saling berhadapan. Daun berbentuk lonjong dengan pertulangan menyirip, bagian tepi merata, ujung daun dan pangkal daun tumpul, serta memiliki warna hijau.

Panjang daun akasia berkisar 5-20 cm dan lebar 1-2 cm. Daun akasia memiliki getah yang kental berwarna coklat dan mengandung tanin. Dimana kandungan tanin ini biasa dimanfaatkan dibidang kesehatan maupun industri.

4. Bunga

Bunga tanaman akasia merupakan bunga majemuk yang muncul pada bagian ketiak daun. Bunga akasia ini berbentuk kuku dengan warna putih dan berkelamin ganda baik jantan maupun betina.

Kelopak bunga dan benang sari berbentuk slindris, kepala putik berbentuk hampir menyerupai ginjal manusia, dan mahkota bunga berwarna putih.

5. Buah

Buah akasia berbentuk bulat lonjong, berwarna hijau saat masih muda, kemudian akan berubah menjadi warna coklat setelah tua. Di dalam buah terdapat beberapa biji yang bentuknya lonjong, pipih dan berwarna coklat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Akasia Secara Lengkap

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa klasifikasi dan morfologi dari tanaman Akasia merupakan ilmu pengenalan tentang penempatan dan ciri-ciri dari tanaman Akasia.

Dimana klasifikasi tanaman Akasia telah disajikan pada tabel di atasyang merupakan penempatan organisme secara berurutan pada kelompok tertentu (takson) yang didasarkan oleh persamaan dan perbedaan.

Sementara itu, untuk morfologi dari tanaman Akasia, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga, dan morfologi buah, seperti yang telah diterangkan pada artikel di atas.

Demikian artikel tantang kalsifikasi dan morfologi dari tanaman Akasia. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *