Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap

Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap

Olehkita.com. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan berukuran kecil yang termasuk dalam Bryophytina.

Lumut merupakan tumbuhan pelopor yang tumbuh terlebih dahulu disuatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu untuk tumbuh.

Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap
Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap

Hal tersebut dapat terjadi karena lumut memiliki ukuran kecil dan hidup berkoloni serta mampu menjangkau areal yang luas.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai ciri-ciri dari lumut, cara berkembangbiak, dan juga manfaatnya silahkan baca artikel berikut. Silahkan baca : Pengertian, Ciri-ciri, Cara Berkembangbiak, Manfaat Tumbuhan Lumut

Sementara itu, tumbuhan lumut (Bryophyta) dibagi menjadi tiga kelas. Diantaranya lumut daun (bryophyta), lumut hati (hepaticophyta), dan juga lumut tanduk (anthocerotophyta).

Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga jenis lumut tersebut :

Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap

1. Lumut daun (bryophyta)

Klasifikasi Lumut Daun
KingdomPlantae
DivisionBryophyta
ClassBryopsida
OrdoBryopceales
FamiliBryopceae
GenusBryopsida
SpesiesBryopsida sp.

Lumut daun atau bryophyta sering disebut juga  lumut sejati ataupun musci. Lumut daun ini memiliki bentuk menyerupai tumbuhan kecil dengan akar (rhizoid), batang, dan daun.

Rhizoid adalah deretan sel yang memanjang atau filamen seluler dengan bentuk mirip dengan akar. Sementara batang lumut daun ini berisifat semu dan tumbuh dengan tegak. Kemudian untuk bentuk dari daun lumut sejati berupa lembaran yang susunanya spiral.

Lumut daun adalah tumbuhan yang sering dijumpai pada tempat-tempat yang lembab. Seperti halnya di rawa-rawa, diatas cadas, dan diantara sejumlah rumput. Untuk memahami lebih jelas mengenai tumbuhan lumut daun maka silakan baca artikel berikut.

Silahkan baca : Pengertian, Ciri-ciri, Habitat, Reproduksi, Manfaat Lumut Daun

2. Lumut Hati (hepaticophyta)

Klasifikasi Lumut Hati
KingdomPlantae
DevisionHepaticophyta
ClassHepaticosida
OrdoHepaticoccales
FamilyHepaticoceae
GenusHepaticopsida
SpeciesHepaticiopsida sp.

Lumut hati merupakan tumbuhan bertalus dengan bentuk tubuh lembaran, pipih mirip hati, dan banyak lekukan.

Secara umum lumut hati tidak memiliki daun, seperti halnya Marchantia dan Lunularia. Akan tetapi ada bebebrapa lumut hati yang memiliki daun, seperti halnya Jungermannia.

Lumut hati (hepaticophyta) tidak memiliki bunga, akan tetapi dapat memproduksi spora kecil berbentuk kapsul.

Jenis lumut hati banyak ditemukan pada tanah yang lembab, terutama di hutan hujan tropis. Ada juga tumbuhan lumut daun yang tumbuh pada permukaan air, seperti halnya Ricciocarpus natans.

Lumut hati hidup dengan cara melekat pada substrat dengan menggunakan rizoidnya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tumbuhan lumut hati (hepaticophyta) maka silahkan baca artikel berikut. Silahkan baca : Pengertian, Ciri-ciri, dan Manfaat Lumut Hati (Hepaticopsida).

3. Lumut Tanduk (Anthocerotopsida)

Klasifikasi Lumut Tanduk
KingdomPlantae
DivisionAntheceroptophyta
KelasAntheceroptopsida
OrdoAntheceroptoceales
FamilyAntheceroptoceae
GenusAntheceroptopsida
SpeciesAntheceroptopsida. sp

Lumut tanduk tegolong tumbuhan yang memilki ukuran yang kecil dan pendek, serta tidak mempunyi bunga.

Lumut tanduk atau Antheceroptopsida, memiliki bentuk hampir mirip dengan lumut hati. Akan tetapi saprofitnya berbentuk kapsul panjang mirip tandung dengan kandungan kutikula.

Sporofit tumbuh terhadap jaringan cawan arkegonium. Sesudah sporofit masak, maka selanjutnya bagian ujungnya akan membelah menjadi dua.

Pada Sporogonium terdapat benang-benang elater yang mengatur pengeluaran spora, dan juga pada kapsulnya terdapat stomata.

Anteridium dan arkegonium ada yang terletak pada bagian talus yang sama (berumah satu). Akan tetapi ada juga yang terletak pada bagian talus yang berbeda (berumah dua).

Untuk memahami lebih jelas mengenai tumbuhan lumut tanduk (Anthocerotopsida), maka silahkan baca artikel berikut. Silahkan baca : Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Reproduksi Lumut Tanduk (Anthocerotopsida).

Demikian artikel tentang, Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Secara Lengkap. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga :

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *