Manfaat Tanaman Karet Untuk Kebutuhan Hidup dan Industri Serta Lingkungan

Manfaat Tanaman Karet Untuk Kebutuhan Hidup dan Industri Serta Lingkungan

Olehkita.com. Karet merupakan tanaman tahunan yang asalnya bukan dari Indonesia, akan tetapi tanaman ini banyak dibudidayakan di negara kita. Beberapa perkebunan karet terbesar di Indonesia, antara lain tersebar di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Tanaman karet merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Maka tak heran apabila banyak orang yang beranggapan bahwa karet merupakan salah satu sumber kekayaan Indonesia.

Manfaat Tanaman Karet Untuk Kebutuhan Hidup, Industri dan Lingkungan
Tanaman Karet

Manfaat Tanaman Karet Untuk Kebutuhan Hidup dan Industri Serta Lingkungan

Karet memiliki berbagai manfaat yang luar biasa baik untuk kebutuhan hidup maupun sebagai usaha industri. Karet alam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai macam barang, antara lain ban kendaraan, sabuk penggerak mesin, sepatu karet, kabel, isolator, dan juga bahan-bahan pembungkus logam.

Selain karet alam terdapat juga karet sintetis yang memiliki bebrapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh karet alam. Karet sintetis biasa digunakan dalam industri gas, seperti halnya minyak, seal, membran, gasket, dan juga masih banyak digunakan untuk peralatan kendaraan bermotor.

Batang dari tanaman karet dapat untuk dimanfaat sebagai bahan industri mebel dan furniture. Sedangkan biji dari tanaman karet dapat digunakan sebagai bahan supelmen ataupun kompelmen yang ditambahkan pada makanan bayi, daging, snack, sintetis, roti, dan lain sebagainya.

Sementara itu, manfaat dari tanaman karet untuk manusia dan lingkungan sebagian besar telah dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kebun karet. Dengan adanya kebun karet secara tidak langsung juga membuka lapangan pekerjaan baru untuk penduduk sekitar.

Tanaman karet dengan jumlah yang banyak memberikan efek yang nyata untuk lingkungan. Pasalnya tanaman karet dapat mencegah terjadinya polusi udara, sehingga menjaga udara supaya tetap segar.

Tidak hanya itu, pohon karet juga berperan dalam mencegah banjir, tanah longsor, dan juga berbagai masalah lingkungan yang disebabkan kondisi tanah yang kurang baik.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Manfaat Tanaman Karet Bagi Kebutuhan Hidup, Industri dan Lingkungan. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda sedang mencari informasi terkait manfaat tanaman karet.

Follow juga Facebook saya diĀ Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *