Manfaat Utama Bunga Melati ( Kesehatan )

Manfaat Utama Bunga Melati ( Kesehatan )

Olehkita.com. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bunga melati. Dimana tanaman bunga ini merupakan tanaman hias yang banyak disukai oleh orang karena bentuknya yang indah dan berbau harum.

Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Melati ( Lengkap )

Selain dimanfaatkan untuk hiasan, ternyata bunga melati memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari bunga melati untuk kesehatan? Berikut ini sedulurtani.com sajikan informasi tentang manfaat utama dari bunga yang memiliki bau khas tersebut :

Gambar Bunga Melati
Gambar Bunga Melati

Manfaat Utama Bunga Melati

1. Menghaluskan Kulit

Manfaat bunga melati untuk menghaluskan kulit dapat Anda lakukan dengan menyiapkan  segenggam melati, kemudian cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Tambahkan juga air mawar, atau olive oil.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat mencampurkan susu atau pun madu. Cara pemakaian dapat Anda lakukan dengan mengoleskan ramuan tersebut pada kulit dengan merata.  Gosok kulit Anda menggunakan ramuan melati tersebut selama 20 menit hingga semua sel kulit mati bisa terangkat keluar.

Setelah itu, bersihkan kulit Anda dengan menggunakan handuk basah, lalu bilas sampai bersih. Hasil yang maksimal bisa Anda dapatkan dengan menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Meningkatkan konsentrasi

Tidak banyak yang tahu, ternyata bunga melati bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dalam berfikir. Pasalnya, minyak melati mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat mengatur kembali, suhu tubuh, detak jantung, dan aktivitas otak yang diperlukan untuk berkonsentrasi tinggi.

Cara meningkatkan konsentrasi menggunakan melati cukup mudah, yaitu dengan menghirup aroma bunga melati yang menenangkan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata menggunakan bunga melati yaitu dengan merebus kuntum bunga melati pada 1 atau 2 gelas  air hingga tercium bauh harumnya yang cukup tajam. Kemudian air didinginkan dan taruh dalam mangkok. Lalu kedip-kedipkan mata Anda pada air hasil rebusan bunga melati tersebut.

Meskipun awalnya terasa perih, kandungan asam dari bunga melati cukup bagus untuk melatih kelenturan otot siliaris pada mata.

Selain itu, bunga melati memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga dapat mengurangi gatal pada mata. Ramuan air bunga malati ini juga dapat menghilangkan debu dan kotoran pada mata, serta bau harumnya akan membuat rileks syaraf-syaraf yang tegang saat dilakukanya terapi mata.

Manfaat Utama Bunga Melati

4. Mencegah Kolesterol

Perlu kita ketahui bahwa kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol, ditemukan dalam membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat pada tubuh kita. Yang pertama adalah LDL yang merupakan kolesterol berbahaya dan yang kedua HDL merupakan kolesterol baik (dapat melarutkan kolesterol jahat).

Apabila kolesterol berbahaya ini dibiarkan, maka lama-lama akan membawa dampak buruk bagi kesehatan dan mendatangkan penyakit serius, seperti halnya serangan jantung.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kolesterol dalam tubuh, maka salah satunya Anda dapat mengonsumsi teh bunga melati agar kolesterol dalam darah turun.

5. Membuat Rambut Menjadi Kuat

Manfaat bunga melati untuk rambut, yaitu dapat mengatasi kebotakan atau rambut yang rontok secara terus- menerus. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat ramuan dari bunga melati untuk menyehatkan rambut Anda yang rontok :

  • Siapkan 15 bunga melati, 2 bunga mawar, 6 daun mangkokan, 6 daun urang aring, 2 pandan wangi, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, dan 4 liter air bersih.
  • Campur minyak wijen dan minyak kelapa dan dipanaskan
  • Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus
  • Cacah semua bunga menjadi kecil-kecil.
  • Panaskan semua bahan menggunakan kompor dengan ukuran api yang kecil.
  • Saring air rebusan dan dinginkan. Setelah air dingin olehkan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan.
  • Hal ini dilakukan 1 hari dua kali sebelum mandi.

Demikian artikel tentang, berbagai manfaat dari bunga yang berbau harum ini. Terima kasih telah berkunjung di website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca juga :

Follow Facebook olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *