Syarat Tumbuh Tanaman Melati ( Jasminum sambac (L.) Aiton )

Syarat Tumbuh Tanaman Melati ( Jasminum sambac (L.) Aiton )

Olehkita.com. Pertumbuhan dan produksi tanaman melati yang baik hanya akan diperoleh apabila tanaman ini diusahakan pada lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Silahkan baca  : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Melati ( Lengkap )

Oleh karena itu faktor –faktor lingkungan berupa tanah dan iklim yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman melati perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

Hal tersebut dimaksudkan agar petani bisa mendapatkan hasil dengan kualitas dan kuantitas yang dikehendaki.

Syarat Tumbuh Tanaman Melati
Syarat Tumbuh Melati

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi terkait syarat tumbuh dari tanaman melati. Apa saja syarat tumbuh dari tanaman melati ?

Berikut ini teleh Admin sajikan syarat tumbuh dari tanaman bunga yang memiliki bau khas tersebut :

Syarat Tumbuh Tanaman Melati

1.Iklim

Melati termasuk tumbuhan yang dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 10-1.600 m dpl. Akan tetapi, tiap jenis dari tanaman melati mempunyai daya adaptasi tersendiri terhadap lingkungan tumbuh.

Curah hujan yang dikehendaki tanaman melati, berkisar 112–119 mm/bulan dengan 6–9 hari hujan/bulan, serta mempunyai 2-3 bulan kering dan 5–6 bulan basah.

Suhu udara yang baik untuk melakukan budidaya tanaman melati, yaitu 28-36oC disiang hari dan 24-30o C dimalam hari. Sedangkan kelembaban udara (RH) yang sesuai untuk budidaya tanaman ini berkisar 50-80 %.

Sementara itu, tanaman melati akan tumbuh dengan baik pada kondisi tempat yang pencahayaan mataharinya cukup.

2. Tanah

Budidaya tanaman melati dapat dilakukan pada tanah yang bertekstur pasir sampai liat, memiliki aerasi dan drainase baik, subur, gembur, dan mengandung bahan organik yang cukup banyak.

Secara umum tanaman melati cocok ditanam pada jenis tanah Podsolik Merah Kuning (PMK), latosol dan andosol.

Sedangkan, pH tanah yang baik untuk tanaman melati, yaitu pada pH 5-7.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, syarat tumbuh dari tanaman melati. Terima kasih telah berkunjung di website olehkita.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *