Tumbuhan Paku Purba: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Tumbuhan Paku Purba: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Olehkita.com. Paku purba merupakan jenis tumbuhan paku yang susunanya paling sederhana dan sebagian besar spesies dari tumbuhan ini sudah punah.

Para ahli hanya dapat melakukan penelitian terhadap fosil-fosil tumbuhan paku yang ditemukan. Salah satu contoh spesies yang masih ada saat ini adalah psilotum nudum.  Spesies tersebut hanya dapat ditemukan di beberapa benua saja, yaitu amerika, asia, dan pasifik.

Tumbuhan Paku Purba: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya
Tumbuhan Paku Purba: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Tumbuhan paku purba ini disebut juga psilopsida. Dalam bahasa Yunani arti kata “psilos” yaitu telanjang atau polos. Sehingga, tumbuhan tersebut terlihat polos tidak mempunyai akar dan daun layaknya tumbuhan umumnya.

Meskipun tanaman paku purba belum mempunyai akar dan daun, akan tetapi batangnya sudah mempunyai berkas pengangkut. Dimana tumbuhan ini bercabang-cabang dengan dengan sporangium pada bagian ujung.

Menurut pendapat para ahli psilopsida ini hidup pada zaman antar silurian (peralihan kehidupan dari perairan ke daratan) dan devonian. Yang mana zaman devonian adalah zaman berkembangnya jenis-jenis ikan, yaitu sekitar 360 juta tahun yang lalu.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari Tumbuhan Paku Purba (psilopsida)

Tumbuhan Paku Purba: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Ciri-ciri Paku Kuda ( Psilopsida)
  • Tumbuhan memiliki tinggi antara 30 cm sampai dengan 1 meter.
  • Tidak mempunyai akar dan daun serta batang sejati.
  • Rizom dikelilingi oleh rizoid.
  • Tumbuhan paku purba hanya menghasilkan satu jenis spora saja (homospora).
  • gametofitnya tidak memiliki klorofil, sehingga nutrisi yang diperoleh pun berasal dari simbiosis dengan jamur.
  • Meskipun demikian, ada beberapa tumbuhan ini yang memiliki daun sejati dengan ukuran kecil menyerupai sisik. Sporangiumnya terbentuk pada ketiak ruas batang, dengan batang yang bercabang dan berklorofil. Selain itu batang tersebut juga sudah memiliki pembuluh yang berfungsi untuk membawa air dan garam mineral. Serta gametofitnya tidak disusun oleh sel-sel yang tidak berklorofil.

Untuk saat ini jenis tumbuhan paku spesiesnya sudah hampir punah dan hanya tersisa beberapa spesies saja.  Berikut terdapat beberapa jenis tumbuhan paku yang termasuk golongan paku purba. Seperti halnya rhynia (paku tidak berdaun dan sudah punah) serta tmesipteris yang tumbuh di kepulauan Pasifik. Dan juga psilotum yang bisa tumbuh pada kawasan tropis dan subtropis.

Selain itu, terdapat beberapa contoh dari tumbuhan paku purba. Berikut ini adalah contoh paku purba :

Contoh Paku Purba

Asteroxylon mackei, Asteroxylon elberfeldence, Isoetes lacustris, Lycopodium clavatum, Lycopodium cernuum, Psilotum sp., Psilotum nudum, psilotum triquetrum, Rhynia major, Selaganella caudata, Selaganella selaginoides.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Tumbuhan Paku Kuda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Follow Facebook Olehkita.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *