Wisata Alam Kalibiru Keindahan yang Tersimpan di Dalam Hutan

Posted on

Yogyakarta dikenal dengan kota pariwisata. Sudah ada banyak orang yang mengenal kota ini sejak zaman dahulu. Ada banyak destinasi, terutama tempat wisata alamnya yang melimpah. Salah satu yang akan kami bahas di sini adalah wisata alam Kalibiru.

Kalibiru merupakan sebuah hutan yang dikelola sebagai tempat wisata. Kalibiru sendiri adalah kawasan yang memiliki ketinggian 450 mdpl yang merupakan perbukitan subur.

Karena dijadikan tempat wisata, Kalibiru dikelola oleh masyarakat dan pemerintah. Ada banyak hal yang bisa anda temui di sana. Tempatnya yang sejuk dan indah akan membuat kesan tenang dan nyaman.

Wisata Alam Kalibiru Keindahan Yang Tersimpan Di Dalam Hutan
Wisata Alam Kalibiru. Foto : Ist/Net

Keindahan Wisata Alam Kalibiru

Untuk yang penasaran dengan tempat ini, ada baiknya mengetahui beberapa hal lebih dahulu. Kami sudah menyiapkan informasi rinci. Diantaranya:

Sejarah Kalibiru

Adanya wisata alam ini, berawal dari inisiatif para warga untuk mengolah dan menjaga alam hutan agar tetap bisa tampil dengan hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan tempat wisata ini cukup panjang, mulai dari upaya masyarakat yang terus berusaha mengembalikan ekosistem hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Pembangunan wisata Kalibiru ini diadakan juga sebagai bentuk pemanfaatan jasa lingkungan. Salah satu daya tarik dari wisata alam ini, adalah kawasan alam yang membentang luas dan masih asri. Dengan bentangan bukit luas yang di padukan dengan perhutanan rimbun dan asri.

Akses Menuju Tempat Wisata Alam Kalibiru

Wisata ini berada di kawasan Kulon Progo. Lokasi tepatnya di desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika dihitung dari pusat kota kota Yogyakarta, biasanya sejauh 40 kilometer.

Perjalan menuju tempat wisata ini, bisa melewati tiga rute, yakni Sarmo, Clereng dan rute Kota. Perjalanan menuju tempat wisata ini akan dimulai dengan perjalanan yang menanjak dan berliku. Sebaiknya anda menggunakan kendaraan yang kuat, agar berjalan lancar.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang disediakan wisata alam Kalibiru ini sudah cukup lengkap, terawat dan baik. Anda juga bisa menginap di sini karena disediakan homestay di dalam wilayah. Fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet juga sudah cukup baik, bersih dan sangat terawat.

Selain itu, juga ada lahan parkir yang cukup luas. Lahan parkir tersebut sudah mampu untuk menampung sepeda motor dengan jumlah yang cukup banyak, sayangnya untuk lahan parkir mobil masih belum mencukupi.

Cara untuk Menikmati Wisata Alam

Untuk menikmati wisata alamnya, anda bisa melakukan beberapa cara. Juga ada beberapa perlengkapan yang bisa anda gunakan untuk menikmati wisata alam kalibiru tersebut.

Menikmatinya dari Menara Pandang

Di tempat ini anda akan menemukan pohon pinus yang menjulang tinggi tepi jurang. Pohon-pohon tersebut, kebanyakan sudah dipasangi dengan papan kayu lengkap dengan tangga gantunganya.

Dari sana anda bisa menikmati pemandangan keindahan alam wisata Kalibiru. Dari sana, anda bisa menikmati pemandangan pegunungan Menoreh dan waduk Sermo.

Flying Fox dan High Rope

Cara lain untuk menikmati pemandangan dari wisata alam ini dengan menaiki flying fox dan high rope. Anda bisa menikmati pemandangan kalibiru sembari mengadu adrenalin di sini. Anda bisa mencoba wahana di outbound.

Trekking

Disini juga terdapat jalur trekking yang bisa anda telusuri. Ada beberapa pilihan yang bisa anda lalui, baik itu jalur panjang atau pendek. Jaraknya bisa dua hingga tiga kilometer. Namun, untuk jarak paling jauh bisa mencapai empat hingga lima kilometer.

Jadi itulah hal yang bisa anda rasakan ketika mengunjungi wisata alam Kalibiru. Semoga liburan anda kali ini menyenangkan.